Jumat, 02 November 2012

Interaksi Sosial

 1. a) Kerjasama: Kelompok untuk mencapai tujuan bersama.
Contoh : Instagram.
        Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan Polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh kamera pada peralatan bergerak.

Instagram dapat digunakan di iPhone, iPad atau iPod Touch versi apapun dengan sistem operasi iOS 3.1.2 atau yang terbaru dan telepon kamera Android apapun dengan sistem operasi 2.2 (Froyo) atau yang terbaru. Aplikasi ini tersebar melalui Apple App Store dan Google Play.

  b) Akomodasi: Akomodasi merupakan salah satu cara untuk menyelesaikan pertentangan, baik dengan cara menghargai kepribadian yang berkonflik atau bisa juga dengan cara paksaan atau tekanan.
Contoh: Satpol PP bongkar paksa kios PKL
Pedagang kaki lima yang mencari rezeki di jalan palapa satu Pontianak kecewa, karena kios yang sehari-hari mereka gunakan untuk mencari rezeki di bongkar paksa satpol pp kota pontianak jumat [12/10] pagi. Satpol pp terpaksa membongkar lapak tersebut karena dibangun diatas fasilitas umum.

c) Asimilasi: Asimilasi merupakan usaha–usaha mengurangi perbedaan antara orang atau kelompok dengan mempererat kesatuan tindakan, sikap, dan perasaan dengan memperhatikan kepentingan serta tujuan bersama. Faktor pendukung asimilasi adalah toleransi, kesempatan dibidang ekonomi yang seimbang, menghargai kebudayaan lain, terbuka, ada persamaan unsur kebudayaan, perwakilan campuran dan musuh bersama dari luar
Contoh: Budaya Batak dan Tiong Hoa di Sumatra Utara
 Para pedagang Tionghoa yang tinggal di daerah Tapanuli sadar bahwa mereka merupakan pendatang sehingga mereka berusaha belajar bahasa Batak dan menyesuaikan diri dengan adat istiadat setempat karena dianggap menguntungkan bagi usaha perdagangan mereka. Sebaliknya, anggota masyarakat Batak Toba yang tinggal di Medan berusaha menyesuaikan diri dengan kebudayaan masyarakat setempat yang didominasi etnik Tionghoa. Selanjutnya, ia akan belajar bahasa Cina karena pengetahuan tersebut dianggap berguna dalam melakukan transaksi perdagangan dengan warga keturunan Tionghoa.


d) Akulturasi: Akulturasi adalah proses penerimaan dan pengolahan unsur-unsur kebudayaan asing menjadi bagian dari kebudayaan suat kelompok tanpa menghilangkan kepribadian kebudayaan asli.
Contoh: Sepatu Batik
Dalam dunia fashion biasanya sepatu hanyalah bermotif polos dan sepadan. Sepatu merupakan alas kaki yang berasal dari budaya luar dan dipadukan dengan motif batik yang berasal dari Indonesia lalu diolah menjadi sepatu batik.



2. a) Budaya tanpa kontak fisik.

Tarian: Tarian merupakan salah satu budaya yang berfungsi sebagai ciri khas gerakan suatu daerah tanpa melakukan kontak fisik.

b) Budaya komunikasi non verbal.

Bendera kuning:
Bendera kuning merupakan tanda/ alat berita untuk memberitahu bahwa ada seseorang telah meninggal dunia di kediaman rumah orang tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar